Cara Membuat Daftar Isi Rapih di Microsoft Word 2007

Cara Mudah Membuat Titik-titik, Garis, dan Tulisan menjadi Rapih saat membuat daftar Isi - Membuat sebuah dokumen pada Microsoft Word sebenarnya mudah. Dokumen yang kita buat bisa dalam bentuk jurnal ilmiah, dokumentasi, makalah, skripsi, laporan kerja, karya ilmiah, data perusahaan dan sebagainya.
Dengan menggunakan beberapa tools pada opsi Toolbar, Menubar, dan Taskbar di jendela Microsoft Word 2007, 2010, atau 2013 anda dapat membuat daftar isi dengan susunan yang baik dan rapih.
daftar isi

Membuat Bagian Sub Daftar Isi Secara Otomatis dapat kita buat dengan mudah dan cepat. Daftar isi merupakan bagian penting yang harus dibuat untuk menjelaskan isi mengenai bab-bab setiap halaman word anda kepada para pembaca yang dituju. Masing-masing bab memiliki peranan tersendiri yang menjelaskan suatu tahap dalam setiap lembar kerja dokumen anda, seperti Pendahuluan, Penutup, Kegiatan Acara, Daftar Pustaka, Kata Pengantar, Lampiran, Anggaran Biaya dan sebagainya yang semuanya tertuang pada daftar isi.

Berikut adalah cara membuat titik-titik pada daftar isi agar terlihat rapi menggunakan Microsoft Office 2007 dan hampir sama pada Microsoft Office Word 2010 / 2013.

Bukalah program microsoft office sehingga muncul lembar kerja yang masih kosong. Lalu, pastikan batang “ruler” yang ada pada lembar kerja dalam keadaan aktif. Jika belum aktif, aktifkan dengan memilih menu “view” lalu beri centang pada “ruler”.
menggunakan ruler ms.word
Ketikkan “DAFTAR ISI” dengan pengaturan Font Style, Ukuran Huruf, Tebal atau miring berdasarkan keinginan anda. Biasanya diletakkan pada tengah (center) margin lembar kerja. Pada baris kedua, ketikkan “KATA PENGANTAR”.

Pada posisi kursor sebaris dengan KATA PENGANTAR, klik pada area batang ruler yang berwarna putih sehingga muncul tanda seperti huruf “L” berwarna hitam. Buatlah tanda tersebut sebanyak 2 buah, dan aturlah posisinya seperti gambar berikut:
tab sign

Langkah selanjutnya adalah klik dua kali tanda “L” yang pertama yang berwarna hitam di atas hingga muncul jendela Tab pengaturan, Lalu aturlah hal-hal sebagai berikut :
Nilai pada tab stop position abaikan ( biarkan saja )
Nilai pada default tab stops abaikan ( biarkan standard default )
Pada Alignment klik “Right”
Pada Tab Leader pilih No.2
Lalu Klik tombol Set
Lalu Klik OK
Setelah itu, perhatikan bahwa tanda “L” yang pertama berganti posisi menjadi seperti “L” terbalik sebagaimana gambar berikut:
lembar kerja dokumen word

Langkah selanjutnya, masih pada posisi kursor sebaris dengan KATA PENGANTAR, pada papan keyboard tekan tombol Tab, sehingga posisi kursor meloncat pada tanda “L” terbalik, Maka secara otomatis akan muncul titik-titik dengan lurus dan rapih.

Langkah selanjutnya adalah tekan sekali lagi tombol Tab pada papan keyboard, sehingga kursor meloncat pada tanda L yang kedua, lalu isikan angka halaman untuk KATA PENGANTAR (biasanya halaman i).
Selesai membuat titik-titik dan mengisi nomor halaman pada KATA PENGANTAR, selanjutnya tekan tombol enter, maka tanda L yang telah anda buat pada langkah sebelumnya akan terbawa pada baris selanjutnya. Artinya, Anda tidak perlu lagi mengulangi langkah di atas, yang diperlukan adalah melanjutkan mengetik elemen dari DAFTAR ISI, seperti DAFTAR ISI, ABSTRAK, dan lain-lain.

Catatan : posisi tanda tab (L) di atas dapat anda atur dengan mendrag salah satu tanda tab (L) lalu geser sesuai posisi yang diinginkan.

Selamat mencoba tutorial membuat daftar isi secara otomatis dengan mudah.

Cara Kedua (Lebih simple) :
Ketik / Tuliskanlah judul “DAFTAR ISI” pada halaman atas, maka selanjutnya klik option “Heading 1″ pada menu Home. Seperti gambar di bawah ini :
daftar isi otomatis
Lalu beralih ke menu References, dan klik “Table Of Contents” (terletak paling kiri pada deretan submenu). Pada submenu itu disediakan pilihan, misalkan kita pilih salah satunya  yaitu “manual table”, langsung saja klik. Seperti gambar di bawah ini :
microsoft office word
Kemudian, anda tinggal meng-edit secara manual sesuai dengan keinginan, baik huruf, kata-kata, sub menu, bullets maupun nomornya. Selesai lah cara singkat serta cepat membuat daftar isi menggunakan microsoft office.

0 comments:

Post a Comment